Titik berat badan pada gaya straddle adalah

Awalan Awalan lompat tinggi gaya straddle dilakukan dalam garis lurus yang menyerong dari permukaan depan matras pendaratan. Mengapa harus kuat? Kaki tumpuan yang semula bergantung, ditarik dalam sikap kangkang. Tarik dagu Anda sedikit mendekati dada Anda dan punggung juga berada di atas mistar.

Proyeksi titik berat badan akan jatuh diluar tumpuan kaki. Berat badannya yang sesuai akan sesuai pula stabilitasnya sehingga tidak akan terjadi kecelakaan yang fatal, bila salah seorang kalah dalam pertandingan. Perbedaan antara gaya straddle dengan gaya yang Iainnya dapat dilihat dari pelaksanaannya, yaitu saat melewati mistar yang mengharuskan kaki dibuka lebar hingga sebelum pelaksanaan pendaratan.

Sikap Badan di Atas Mistar Saat mencapai tinggi maksimal, badan diputar ke kiri penuh dengan kepala mendahului melewati mistar, perut dan dada menghadap ke bawah.

Analisa gerakkan gaya straddle sebagai berikut: Setelah kaki ayun itu melewati mistar cepat badan dibalikkan, hingga sikap badan diatas mistar telungkup. Apabila tumpuan berada di kaki kanan Anda, maka Anda dapat memposisikan tubuh Anda untuk menyerong kea rah kiri.

Meluruskan atau menendangkan kaki ke arah atas belakang. Sudut yang disarankan adalah sekitar 20 — 30 derajat dari garis luru matras. Ketika Anda melakukan tolakan kaki di waktu yang bersamaan, Anda perlu menggerakkan kedua tangan Anda ke atas di arah samping kepala Anda.

Untuk mendapatkan titik tumpu yang tepat maka Anda harus melakukan latihan yang banyak. Berikut adalah penjelasan singkat langkah-langkahnya: Tetapi menurut Sweeney, gaya jongkok kurang efektif dan ekonomis. Awalan Pada awalannya, gaya lompat tinggi satu ini bisa dilakukan oleh atlet dengan berlari dengan sedikit menyerong ke kanan atau ke kiri dari arah depan.

4 Jenis Gaya dalam Lompat Tinggi

Apabila peserta tersebut akan mulai melompat maka menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan. Posisi melayang Posisi melayang disini adalah posisi ketika badan Anda berada di atas bar atau mistar. Gerakan ini disebut juga dive straddle. Sementara itu untuk kaki yang sedang bebas dapat diayunkan ke depan secara lurus.

4 Gaya Lompat Tinggi dan Penjelasannya

Bila hasil yang diperoleh sama Bila terjadi hasil yang sama pada peserta, maka yang dapat dilakukan adalah: Gaya gunting 40 hingga 50 derajat. Kemudian buka kaki lebih lebar lagi menjadi 60cm.

Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Straddle

Tolakan Tolakan adalah proses mengubah momentum horizontal dari awalan menjadi momentum vertical yang diperlukan untuk melewati mistar. Pada saat yang bersamaan, turunkan kepala Anda secepat mungkin agar kepala Anda dapat lebih rendah dari pinggul. Kaki ini disebut juga dengan kaki luar. Peserta yang gagal melompat melintasi palang sebanyak tiga kali berturu-turut akan keluar dari pertandingan.

Langkah terakhir agak diperlebar dengan disertai sikap badan yang menengadah disertai gerakan mengayun ke atas untuk membantu meningkatkan titik berat badan yang lebih tinggi. Saat menolakkan kaki harus kuat dibantu dengan ayunan kedua tangan untuk membantu mengangkat seluruh badan.

Pada saat melakukan gaya ini, atlet lompat mengambil awalan dari tengah. Membawa bagian tubuh melewati mistar dengan nyaman.Pada gaya guling atau straddle, ini adalah gaya yang juga cukup populer dan sempat dipakai dalam dalam pertandingan lompat tinggi zaman dulu.

Inti dari gerakan gaya ini adalah tubuh diputar dan dibalikkan secara cepat saat tubuh melewati mistar. Jadi, sikap tubuh kemudian adalah ada di atas mistar secara robadarocker.com: Rita Nora. Gaya guling perut (straddle) atau Gaya Stradle adalah salah satu gaya yang ada dalam teknik lompat tinggi, ketika badan melewati mistar dengan cepat diputar dan.

Hingga saat ini,ada dua gaya yang di kenal dalam lompat tinggi,yakni gaya guling perut (straddle) dan gaya robadarocker.com Stradle adalah gaya dimana ketika badan melewati mistar dengan cepat diputar dan dibalikkan,sehingga sikap badan di atas mistar telungkup.

Gaya-gaya tersebut adalah gaya guling sisi, gaya gunting, Gaya Fosbury Flop dan straddle atau gaya guling. 1.

Teknik Melakukan Lompat Tinggi Gaya Straddle

Western Roll atau Gaya Guling Sisi. Gaya sisi atau gaya samping disebut juga dengan gaya western roll atau wester form. Gaya western roll ini diciptakan oleh seseorang yang berasal dari Amerika. G. Horin menciptkan gaya ini pada tahun Namun sayangnya, gaya ini tidak mampu.

10 Aturan dalam Olahraga Lompat Tinggi

Perbedaan gaya straddle dengan gaya-gaya yang lain adalah pada saat melewati mistar. Pada gaya straddle pada saat melewati di atas mistar posisi tubuh dalam keadaan tengkurep dan posisi kaki di buka lebar atau kangkang. Dari segi lain, perbedaanya terletak pada kaki tolakan yang digunakan pada gaya ini dan mendarat dengan kaki ayun yang terjauh.

· Hingga saat ini,ada dua gaya yang di kenal dalam lompat tinggi,yakni gaya guling perut (straddle) dan gaya robadarocker.com Stradle adalah gaya dimana ketika badan melewati mistar dengan cepat diputar dan dibalikkan,sehingga sikap badan di atas mistar telungkup.

Titik berat badan pada gaya straddle adalah
Rated 3/5 based on 32 review